081225577642 / 082221487020 kayu5sentosa@gmail.com

About us

Tentang Kami

PT Kayu Lima Sentosa

PT Kayu Lima Sentosa adalah perusahaan yang bergerak di bidang usaha produksi kayu plywood. PT Kayu Lima Sentosa beralamat di Jalan Kyai Raden Syahid, Desa Mantingan, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Awal mula perusahaan berdiri pada tahun 2007 saat pemilik mengambil alih pabrik yang sebelumnya merupakan pabrik pengolahan kayu jati. PT Kayu Lima Sentosa mulai beroperasi penuh pada tahun 2010 dan terus berjalan hingga sekarang.

PT Kayu Lima Sentosa berkembang menjadi produsen kayu plywood dengan pasar utama adalah mancanegara. Dalam kurun waktu relatif cepat produk PT Kayu Lima Sentosa sudah mencapai pasar Amerika Serikat, Eropa, dan beberapa negara Asia Timur.

  1. Surat Izin Usaha Perdagangan 
  2. Tanda Daftar Perusahaan 
  3. Izin Gangguan/HO 
  4. Izin Usaha Industri 
  5. ETPIK 
  6. IUIPHHK
  7. Nomor Pokok Wajib Pajak 

KEGIATAN PRODUKSI

PT Kayu Lima Sentosa memiliki pabrik seluas ± 18.000 meter persegi atau 1,8 Hektar. Lokasi pabrik berjarak 30 KM dan berada di sebelah tenggara dari pusat kota Magelang. Pabrik beroperasi setiap hari dengan jam operasi 24 jam. Jumlah pekerja saat ini mencapai 300 orang yang berada di seluruh lini produksi.

PRODUK

Produk utama PT Kayu Lima Sentosa adalah plywood. Secara sederhana plywood adalah tumpukan dari beberapa kulit kayu dalam bentuk lapisan yang mengalami proses penekanan (press) sangat tinggi sehingga menjadi multiplek yang memiliki tekstur rapat, kekuatan yang tinggi, dan tahan air.

PROSES PRODUKSI

Alur proses produksi plywood:

1. Pemilihan kayu

Kayu (log) yang dipilih adalah kayu jenis sengon (albasia) yang banyak ditanam di Pulau Jawa. 

2. Pengupasan (Rotary)

Kayu (log) kemudian diproses di mesin rotary untuk dilakukan proses pengupasan hingga menjadi veneer.

3. Press Drying

Sistem pengeringan menggunakan energi panas dari mesin boiler hingga menghasilkan veneer dengan kadar air tertentu.

4. Repairing

Veneer yang terdapat cacat dilakukan perbaikan dengan membuang bagian yang cacat dengan veneer yang baik.

5. Setting F/B

Veneer yang sudah lolos seleksi kemudian dilakukan proses perakitan dengan cara menyusun veneer dengan ketebalan yang diinginkan.

6. Glue Spreading

Lapisan veneer-veneer yang sudah disusun kemudian dimasukkan ke mesin pengeleman untuk merekatkan tumpukkan veneer agar menjadi plywood.

7. Hot Pressing

Proses mengeringkan plywood yang sudah diberikan lem, plywood dimasukkan ke mesin hot pressing.

8. Sizing

Plywood yang sudah siap kemudian dipotong sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Permukaan plywood akan dihaluskan di sisi atas, bawah, dan bagian pinggir.

9. Putty & Sanding

Plywood juga akan didempul untuk meratakan bagian yang cacat dan sudah dilakukan perbaikan.

10. Grading & Packing

Plywood akan diuji dan dicek untuk menentukan grade berdasar kualitas yang dihasilkan. Plywood yang sudah lulus uji kualitas kemudian akan dikemas.